Minggu, 02 Mei 2010

Lihatlah Expo siswa SMK...

Setiap orang telah mengetahui arti pentinya suatu pemasaran/marketing dalam setiap bisnis dan di bidang usaha apapun. Dukungan media pemasaran pun semakin hari semakin gencar kemajuannya. Kompetisi antar penyedia layanan media pemasaran pun semakin marak dan menarik, semakin mudah dan murah, semakin luas dan bebas.

Kemudahan ini belum tentu diimbangi dengan kemampuan perusahaan menerjemahkan produk perusahaan perilaku (calon) konsumen. Siswa diharapkan mampu berimajinasi dan menerjemahkan secara sederhana, keinginan, ketertarikan (calon) konsumen serta trik menarik (calon) konsumen agar datang dan mengkonsumsi produknya. Setelah itu, siswa mampu mewujudkannya pada media promosi, baik online maupun offline.

"EXPO MEDIA PROMO"
Isti RDM
"Apaan tuh??"

Pertanyaan itu yang serta merta muncul dari siswa grade XI sewaktu saya sampaikan tugas tersebut. Tidak masalah dengan keterkejutan atau ketidaktahuan itu, justru dua hal tersebut perlu ditampung. Buktinya, setelah mendapatkan penjelasan mereka cukup paham dan bahkan mengajukan cukup banyak pertanyaan. Dari pertanyaan tersebut terlihat sebagai rasa ingin tahu dan kekhawatiran. Ingin tahu bagaimana expo nanti digelar dan bagaimana mereka bisa mewujudkannya serta kekhawatiran seandainya dalam expo terdapat banyak tanggapan dan kritik sedangkan mereka merasa tidak siap.

Inilah tantangannya. Bagaimana menentukan waktu yang tepat untuk expo, bagaimana masing-masing 'pengusaha' (sebelumnya siswa telah membuat rencana usaha sederhana) memilih jenis media promosi yang tepat, imaginasi mereka pun semakin bergerak untuk membuat desain yang menarik (tentunya menurut si 'pengusaha'), mempersiapkan properti yang diperlukan serta mendesain lay out yang menarik.

Visitor/pengunjung
Kemeriahan atau ramainya visitor pada tiap stand pameran akan menjadi penilaian dalam expo kali ini. Oleh karena itu, pengusaha harus memutar otak untuk mencari cara agar banyak visitornya. Adalah tanggung jawab masing-masing pengusaha untuk merealisasikan kedatangan pengunjung yang menyumbangkan saran/kritik konstruktif untuk media promosi usahanya.

Di expo ini, siswa diperbolehkan mengundang teman/saudara/tetangga/dll *) untuk memberikan komentar/dukungan/saran/kritik konstruktif. Selain, tentunya para civitas Tekno-SA, seperti siswa, pengajar, Pimpinan dan staf SMK Tekno-SA diharapkan partisipasinya.

Presentasi
Indikator kesuksesan lainnya adalah kemampuan para pengusaha tersebut untuk presentasi dan mengupas keunggulan produknya di depan public. Mengapa konsumen ‘harus’ tertarik pada produknya? Apakah harganya cukup kompetitif? Bagaimana pelayanannya? Apakah butuh waktu lama untuk menyelesaikan tiap order ataukah dapat diselesaikan sesuai target si konsumen?

Pada pelaksanaan expo ini, pengusaha akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendekati cqlon konsumennya melalui deskripsi produk dan pelayanannya.

Report
Selesainya expo, bukan berarti bubar jalan. Betul??... :)
Setiap pelaksanaan kegiatan yang mengatasnamakan perusahaan pasti dimintai pertanggungjawaban setelah selesainya. Begitu pula dengan expo ini. Penggelar stand harus menyusun laporan mengenai perjalanan selama expo digelar dan resume secara keseluruhan mengenai pertanyaan dari visitor, kendala selam expo, pelaksanaan presentasi, dsb.

Penutup
Selamat mengikuti…

Mata pelajaran : Kewirausahaan XI-4
Pengajar : Isti RDM
Materi : Pemasaran
Jenis kegiatan : praktek “Expo Media Promo”
Deskripsi : menggelar expo sederhana dan terbatas mengenai media promosi yang telah dibuat masing-masing perusahaan agar mendapatkan respons dari visitor.

Tujuan:
1. simulasi mengenal salah satu jenis pemasaran dunia usaha/dunia industri
2. memberi kesempatan siswa untuk lebih aktif dan kreatif menuangkan gagasan
3. mengaplikasikan kreatifitas dalam bentuk nyata
4. mempraktekkan sales service pada customer/visitor
5. mengusahakan ketertarikan visitor untuk dating dan member saran/kritik konstruktif

0 komentar: