Kamis, 16 Februari 2012

Monitor merek di Twitter

Internet mempermudah pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Media sosial yang semakin banyak memberikan pilihan tersendiri bagi pebisnis. Melalui merek dagang, mereka berharap mampu menarik konsumen. Semakin banyak konsumen membicarakan semakin kuat magnet merek tersebut.
 
Salah satu media sosial yang sering dijangkau masyarakat adalah twitter. pertanyaannya adalah pernahkah kita mengukur atau memantau seberapa dalam merek dagang kita dibicarakan? bagaimana tanggapan masyarakat tentang merek kita? positif atau negatif?

Bagaimanapun tanggapan itu, kita perlu mendengar dan memantaunya. hal ini dapat menjadi informasi penting dalam membuat keputusan.  Cara memantaunya tidak harus masuk ke Twitter 

Berikut adalah lima alat yang dapat anda gunakan:

Manfaat internet untuk bisnis semakin besar. Penguatan merek terjadi di media sosial. Konsumen juga semakin menyukai diskusi dalam jaringan (online).
Namun, apakah anda harus hadir setiap ada  perbincangan merek anda di media sosial seperti Twitter? Bahkan jika Anda tidak ingin terlibatpun, Anda tetap harus memantau merek Anda setidaknya untuk melihat apa yang mereka katakan tentang merek Anda, apakah itu baik atau buruk.
Setelah Anda melihat percakapan, Anda dapat men-tweak pesan Anda untuk merespon, atau menyimpulkan bahkan Anda harus mempertimbangkan kembali untuk berpartisipasi.
Anda perlu untuk mendengarkan percakapan di sekitar merek Anda sebagai informasi untuk membuat keputusan, tetapi Anda tidak harus di Twitter untuk memantau percakapan-percakapan tersebut.
Berikut adalah lima alat yang dapat anda gunakan:
Cara kerja alat ini sama seperti Google Alerts. Anda akan dikirimkan email setiap hari untuk memantau merek anda. jika berminat, Anda dapat mendaftar dengan Google atau account Twitter.
Monitter memungkinkan Anda untuk memonitor satu set kata kunci di Twitter, tetapi Anda juga dapat mempersempit pencarian ke lokasi geografis tertentu. Monitter menampilkan hasil dalam aliran real-time.
Twitter search memungkinkan Anda untuk mencari komentar tentang produk, layanan di Twitter. Anda tidak memerlukan akun Twitter untuk menggunakannya.
Cara kerja Twendz mirip dengan Twitter search, tetapi juga menyoroti tema percakapan dan menambah sentimen pengguna.

Sudahkah ANda memonitor merek Anda di twitter?

Sumber : http://blog.bursamuslim.com