Komponen misi
1. Komponen pokok
- Spesifikasi kebutuhan konsumen dalam bentuk riil berupa barang/jasa yang dihasilkan. Atau dengan kata lain menjawab pertanyaan “produk apa yang dijual?”
Smart memberikan pelayanan akses internet yang lebih cepat
League menawarkan produk sporty yang high quality, high performance
- Spesifikasi segmen pasar yang dituju sebagai kelompok sasaran dan wilayah pemasarn yang hendak dijangkau, atau mampu menjawab ‘dimana perusahaan bersaing
Smart memiliki pasar yang menjadikan internet sebagai ‘kebutuhan pokok’ harga terjangkau
League mengarahkan pasar pada high class dan penikmat prestige
- Spesifikasi teknologi dan fungsi manajemen untuk memenuhi konsumen. ‘teknologi apa yang dipilih?’
Polytron, meluncurkan produk lemari pendingin dan pemanas dalam 1 produk.
Panasonic, mengenalkan produk pendingin ruangan yang dapat mengenal suhu tubuh manusia.
2. Komponen pelengkap
- Komponen untuk bertahan hidup, pertumbuhan dan laba (komitmen apa yang dibuat untuk mencapai tujuan perusahaan?)
Aqua menjaga kualitas produknya dengan melakukan tahap penyulingan air yang sangat ketat.
- Konsep perusahaan
Contoh: Tropicana Slim sebagai solusi hidup sehat, produk yang teruji klinis memakai gula rendah kalori.
- Komitmen terhadap image masyarakat. Misi perusahaan mampu menjawab pertanyaan ‘Apa yang menjadi persepsi masyarakat terhadap perusahaan?’
Contoh: Toko Santri membagi 2,5% keuntungan untuk disalurkan ke kaum dhuafa
Al Fath memotong 10% harga produk sebagai zakat untuk disalurkan ke fakir miskin yatim piatu
Aqua mendonasikan Rp 100,- per botol untuk perbaikan saluran air bersih di daerah pelosok
- Komitmen terhadap karyawan atau kemampuan perusahaan menjawab ‘Bagaimana perlakuan perusahaan terhadap karyawan?’
Misalnya: Perusahaan Sido Muncul dan IndoFarma adalah memberi fasilitas transportasi pada karyawan setiap mudik di hari lebaran.
Manfaat misi ......
0 komentar:
Posting Komentar