Senin, 31 Mei 2010

Membangun visi dan misi usaha (3)

Komponen misi
1. Komponen pokok

  • Spesifikasi kebutuhan konsumen dalam bentuk riil berupa barang/jasa yang dihasilkan. Atau dengan kata lain menjawab pertanyaan “produk apa yang dijual?”
Misalnya: Moen-moen identik dengan steak menengah ke bawah (murah)
Smart memberikan pelayanan akses internet yang lebih cepat
League menawarkan produk sporty yang high quality, high performance
  • Spesifikasi segmen pasar yang dituju sebagai kelompok sasaran dan wilayah pemasarn yang hendak dijangkau, atau mampu menjawab ‘dimana perusahaan bersaing
Contoh: Moen-moen mempunyai segmen pasar pelajar dan penikmat harga menengah ke bawah
Smart memiliki pasar yang menjadikan internet sebagai ‘kebutuhan pokok’ harga terjangkau
League mengarahkan pasar pada high class dan penikmat prestige
  • Spesifikasi teknologi dan fungsi manajemen untuk memenuhi konsumen. ‘teknologi apa yang dipilih?’
Misalnya: Nokia . si ‘connecting people’ ini konsisten dengan kekuatan teknologi dan fisik selluler.
Polytron, meluncurkan produk lemari pendingin dan pemanas dalam 1 produk.
Panasonic, mengenalkan produk pendingin ruangan yang dapat mengenal suhu tubuh manusia.
2. Komponen pelengkap
  • Komponen untuk bertahan hidup, pertumbuhan dan laba (komitmen apa yang dibuat untuk mencapai tujuan perusahaan?)
Contoh : Telkom, menyentuh hingga ke pelosok untuk mengenalkan teknologi informasi.
Aqua menjaga kualitas produknya dengan melakukan tahap penyulingan air yang sangat ketat.
  • Konsep perusahaan
Apakah kekuatan dan keunggulan perusahaan?
Contoh: Tropicana Slim sebagai solusi hidup sehat, produk yang teruji klinis memakai gula rendah kalori.
  • Komitmen terhadap image masyarakat. Misi perusahaan mampu menjawab pertanyaan ‘Apa yang menjadi persepsi masyarakat terhadap perusahaan?’
Berikut ini contoh perusahaan yang berusaha membentuk image peduli dengan kalangan kurang mampu.
Contoh: Toko Santri membagi 2,5% keuntungan untuk disalurkan ke kaum dhuafa
Al Fath memotong 10% harga produk sebagai zakat untuk disalurkan ke fakir miskin yatim piatu
Aqua mendonasikan Rp 100,- per botol untuk perbaikan saluran air bersih di daerah pelosok
  • Komitmen terhadap karyawan atau kemampuan perusahaan menjawab ‘Bagaimana perlakuan perusahaan terhadap karyawan?’
Perusahaan harus memikirkan kebutuhan karyawan karena mereka telah memperlancar proses produksi perusahaan sehingga perlakuan ini dapat memacu loyalitas dan kinerja karyawan.
Misalnya: Perusahaan Sido Muncul dan IndoFarma adalah memberi fasilitas transportasi pada karyawan setiap mudik di hari lebaran.


Manfaat misi ......

0 komentar: